Untuk yang bercinta

Posted: 15/12/2010 in Renungan

Assalamualaikum Wr Wb

Hallo.., sobat tercinta. Semuanya pasti udah pernah denger kan kata-kata cinta? Ayo.. pasti udah khan! (yang belom coba cari di kamus bahasa). Tapi.., apa semuanya udah tau apa seh cinta itu? Pasti semuanya kompaq tuk teriak “udah”, ya nggak? Tapi.., tapi lagi neh, apa kita semua udah bener2 tau apa seh yang namanya cinta or makna sesungguhnya dari cinta? Nah lo.. udah mulai ragu2 nih, or masih tetep yakin sure kalo lo udah tau pasti apa makna cinta? Anyway.., whatever you think about love, let’s try to understand what the meaning of love is! Mao nggak? Kita pikirin bareng2 aja apa seh cinta itu! Caranya, ya kita liat aja apa perilaku and sikap kita dan lingkungan kita selama ini sudah menunjukkan indikasi/tanda2 or gejala adanya cinta. Kalo mau terusin aja baca paragraf di bawah ini. Kalo nggak!……. ya baca aja paragraf dibawah ini. Nggak ada salahnya kan, siapa tau bakal berguna bagi kita semua. Ya nggak? (iya aja deh, ok)

So., mau ikut mikirin kan apa seh cinta itu. Nah kalo udah siap tuk mikir, coba jawab pertanyaan dibawah ini..(eit jangan berenti, terusin bacanya, ok)

banyak diantara kita yang sering mengatasnamakan cinta, tapi apa tindakan kita udah benar2 mencerminkan cinta? Or belom? Atou malah gak ngerti apa maksud tindakan2 kita slama ini?

sudah mampu belom mempersembahkan yang terbaik(ce ile..) bagi orang2 yg kita cintai? Belum? Atau nggak tau?

sudah mampukah kita melindungi orang2 yang kita cintai dari kejahatan kita sendiri? Atou belom? Or malah gak tau lagi apa aja tindakan kita yg bisa membuat orang yg kita cintai menderita.

nah.., trus apa kita udah mampu mencintai diri kita sendiri?Atau belum?Atou malah gak ngerti?

kalo kata2 cinta menyebabkan…(soriy mungkin kasar, anyway gue sebutin juga)

  • kehormatan wanita2 ternodai(gak bisa dicuci pake sabun loh)
  • cewek2 hamil diluar nikah, and sampe ada yg bunuh diri segala.
  • ortu sama anaknya sampe putus hubungan tus, tus, tus, gitu.
  • Bayi2 sampe dibuang ke tong sampah trus ada yg dikubur hidup2.
  • Bokap merkaos anake, or paman menodai keponakan gitu(ah.. pokoknya macan makan anak deh, padahal macan aja nggak setega itu)
  • Cewek2 jadi(sory) pengumbar nafsu kaum cowok
  • Trus banyak anak2 kecil dilecehkan, ada yg ngemis, gak punya tpt tinggal and kita diem aja ngeliat semua tiu(sory maksudnya itu)

So.., dimana cintanya? Apa dong arti segala kata2 cinta yg terucap kalo Cuma membawa derita?
Tau nggak? Eh jangan bengong aja!(awas lo mikir macem2). Tau nggak? Atou..ayolah jangan pura2 gak ngerti.

ketika kita ngeliat semua kekacauan tsb, ada yg menderita dll. Apa yang kita rasakan? Prihatin? Marah? Or cuek aja, lagian bukan gue ini yg kena musibah.

Nah, sobat semua. Udah dijawab kan(kalo belom baca lagi dari atas), kalo udah sekarang coba deh kita pikir2. apa selama ini kita udah bener2 ngerti cinta. Apakah segala yg kita lakuin udah mencerminkan cinta? Atou Cuma setengahnya? Or malah nggak mencerminkan cinta sama sekali? Ayo.., jujur aja dech. Jawabanya kan untuk kamu juga, ya nggak?

So, yang pasti untuk tau apakah selama ini kita udah bener2 memahami cinta apa nggak. Kita harus ingat beberapa point berikut (inget lho).

Kalo mo tau cinta itu kayak gimana, so kita harus belajar dari nyang nyiptain cinta dong. Yaitu Allah, zat yang maha mencintai. Trus inget-inget deh kata-kata ini:

  • Cinta Allah itu ada disetiap hembusan nafas kita, disetiap pandangan mata kita, disetiap waktu yang terlewati, dan disegala ciptaa-Nya. So rugi loh kalo semua itu gak bisa kita manfaatkan dengan baik. Sayang-sayang kan, cinta gitu loh!
  • Cinta Allah itu gak pernah pilih kasih, buktinya dari yang item, yang putih, yang tinggi, yang pendek, yang kurus, or yang gemuk. Semuanya masing-masing dapet jatah cinta-Nya. Udah gitu gak peduli tuh manusia taat atau durhaka pada-Nya. Pokoknya cinta-Nya mengalir aja terus tanpa henti. Gak percaya? Kalo kita nggak dapet jatah, mana mungkin kita masih bisa nafas. Ya nggak?
  • Cinta Allah tuh jeck! Nggak pernah pake yang namanya pelit. Cinta-Nya bisa dateng lewat jalan mana aja (jalan raya juga bisa koq). Contohnya, sehat itu adalah bukti cinta Allah pada kita, dengan sehat kita mampu berbuat banyak amal baik, sehingga kita mampu mencapai syurga-Nya, tapi sakit… ya…, sakit cinta Allah juga koq, karena dalam sakit dosa2 kita diampunin lho! Sehingga dosa2 kita bisa terhapus. Ya kan! Coba kurang apa cinta-Nya? Dikasih sehat kita untung, dikasih sakit juga untung, dermawan bgt khan?
  • Manusia itu tempatnya khilaf dan lupa, jadi besar kemungkinan untuk salah. Hanya Allah saja yang selalu benar karena ia sumber segala kebaikan. Jadi kebenaran adalah ketika kita sudah berlaku sesuai dengan ketentuan Allah.
  • Nggak selamanya yang kita anggap benar itu adalah benar, karena penilaian manusia seringkali subjektif sehingga kebenaran dari pemikiran manusia nggak bisa mutlak, atau bahkan salah total.
  • Dalam hidup ini, masih ada banyak hal yang nggak terlihat. Dan seringkali kebenaran tersembunyikan dan tertutupi karena keterbatasan kita dalam memandang sesuatu hal. Karena pada hakikatnya kita adalah makhluk yang serba terbatas.

So, tunggu apa lage….dah tau kan kita memiliki pandangan dan kemampuan untuk memahami sesuatu dalam taraf yang sangat terbatas, jadi, kenapa nggak kita coba bersama-sama untuk meminta kepada Allah agar Ia menunjukkan pada kita apa sesungguhnya kebenaran dibalik setiap kejadian. Termasuk cinta, Tanya dong sama Dia apa sih CINTA SEJATI itu. Ya nggak?

To sobat2 gue, mari kita belajar untuk memahami hakikat hidup ini. Jangan pernah putus asa karena Dia selalu ada, dan tak pernah berhenti merawat kita. Di setiap kehendakNya selalu ada hikmah yang tersembunyi, karena itu jangan pernah menyerah untuk menemukannya.

CINTA YANG PALING TULUS ITU SERINGKALI HADIR TANPA DISADARI, IA SERINGKALI ADA DALAM HAL-HAL KECIL YANG MUNGKIN TAK TERLIHAT NAMUN MEMILIKI ARTI YANG BESAR.

JANGANLAH MENCINTAI UNTUK MENGHARAP TAPI UNTUK MEMBERI, MELINDUNGI, DAN MENOPANG APA YANG ENGKAU CINTAI.

DAN CINTA TERBESAR HANYA UNTUK ALLAH SWT YANG MAHA MENCINTAI
KEPADANYA KITA KAN KEMBALI

Wasalamualaikum Wr Wb

Zulfikri Ali Ma’sum

Komentar
  1. anang nurcahyo mengatakan:

    kalo bisa memprioritaskan cinta sesuai urutan yg seharusnya, sbnrnya smua prmslhan itu bisa dihindari..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s